Dalam Waktu Dekat Pasar Hewan di Lombok Timur Segera Dibuka

Dalam Waktu Dekat Pasar Hewan di Lombok Timur Segera Dibuka

Masyhur Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur 


Lombok Timur Nusrapost.com -- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Lombok Timur, Masyhur menegaskan saat ini pihaknya tengah bekerja keras untuk menangani wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). 


Dari itu, vaksinasi terus dilakukan, data terakhir 38.700 dosis vaksin tahap pertama telah disuntikkan. Angka itu akan bertambah, karena Dinas Peternakan Provinsi segera akan mendistribusi 6 ribu dosis lagi. 


"Dari 162 ribu populasi, kita sudah vaksin 38.700, dan akan bertambah 6 ribu lagi. Artinya 30 persen lebih populasi sudah divaksin, dan kita relatif aman terhadap PMK ini," katanya, Senin (29/8/2022). 


Baca juga: Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordy Amat Disetujui DPR RI 


Lanjut dia, capaian vaksinasi Lotim itu tertinggi di NTB, dan itu merupakan lampu hijau untuk bisa dibukanya pasar hewan. Akan tetapi, pasar hean baru bisa dibuka, apabila semua kabupaten/kota di Pulau Lombok capaian vaksinasinya minimal 30 persen. 


"Target kami paling lambat, pekan kedua September pasar hewan kita coba untuk dibuka," tegasnya. 


Dia pun menyatakan, selama uji coba pembukaan pasar hewan, pihaknya akan memberlakukan aturan ketat. Bagi setiap sapi yang masuk pasar hewan mesti memiliki sertifikat vaksin, dan apabila ada sapi yang terjangkit di pasar hewan, dipastikan pasar akan ditutup kembali. 


"Kalau ada terjangkit, kita langsung tutup lagi. Nanti akan ada dokter hewan kita di sana, akan ada posko petugas dan tempat isolasi bagi sapi yang terjangkit," tutupnya.(*)


Baca juga: Akar Masalah Migas di Produksi Bukan di Subsidi

Tags

Post a Comment