Tagih Janji Gubernur NTB Warga Desa Manggenae Blokir Jalan

Tagih Janji Gubernur NTB Warga Desa Manggenae Blokir Jalan




DOMPU Nusrapost.com -- Sebagai bentuk protes pada janji Gubernur NTB Dr. H. ZULKIEFLIMANSYAH, S.E., M.Sc terkait lahan kawasan hutan yang akan dijadikan lokasi pemakaman kuburan umum untuk warga Dusun Karaku, Desa Manggenae Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Ratusan Massa melakukan pemblokiran jalan di wilayah tersebut Selasa (3/5).



Aksi yang berlangsung sejak pagi hari hingga menjelang siang itu terjadi di Jalan Lintas Bima-Dompu tepatnya di Perbatasan Dompu dan Bima, sehingga dengan tindakan itu otomatis kendaraan yang melintas dari Arah Dompu dan Bima tidak dapat dilewati.



Dalam peristiwa itu, tuntutan masa aksi adalah menagih janji Gubernur NTB Dr. H. ZULKIEFLIMANSYAH, S.E., M.Sc atas permintaan warga terkait lahan kawasan hutan yang akan dijadikan lokasi pemakaman/kuburan umum untuk warga Dusun Karaku, Desa Manggenae Kab Dompu, dikarenakan selama ini setiap ada warga yang meninggal masyarakat melakukan pembayaran untuk setiap liang lahat kepada pemilik tanah.



Mendengar informasi tersebut Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K langsung turun ke lokasi dan melakukan negosiasi lanjut dengan korlap masa aksi dengan meminta agar pemblokiran jalan dibuka agar tidak menggangu aktifitas pengguna jalan.



"Kami meminta kepada warga agar permasalah ini di selesaikan secara musyawarah dan dilakukan mediasi dengan Pemerintah Daerah,"Jelasnya.




Asisten I Pemerintah Kabupaten Dompu H. BURHANUDIN, S.H, menyampaikan bahwa ada lokasi untuk pemakaman/kuburan yang diminta oleh warga kepada Gubernur NTB, namun lokasi tersebut masuk dalam kawasan hutan negara, sehingga proses pembebasan untuk lokasi makam warga harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kehutanan RI, namun Pemerintah Kabupaten Dompu akan berusaha melakukan pembayaran lokasi tanah yang lain untuk dijadikan tanah makam warga/TPU yang ada di Dusun Karaku, Desa Manggenae.



Setelah menyampaikan itu, Kapolres Dompu, Asisten I Pemkab. Dompu, Kasat Intelkam, Kapolsek Dompu Kota dan anggota berhasil melakukan negosiasi sehingga blokir jalan berhasil dibuka, dan arus lalin kembali lancar.


atas pembukaan blokir jalan tersebut masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas kinerja Polisi , sehingga masyarakat dapat dengan lancar bepergian untuk melaksanakan silaturrahmi dengan keluarganya


salah satu warga atas nama Hasan alamat Bali I Dompu mengucapkan banyak terima kaaih atas pembukaan blokir jalan teraebut oleh pihak kepolisian Resor Dompu. 



"Adanya pembukaan blokir jalan oleh pihak kepolisian, membuat kami bisa melanjutkan perjalananuntuk bersilaturrahmi,"jelasnya. (*)

Tags

Post a Comment