Lewat PDPA, Oasistala Lotim Gembleng Anggotanya Agar Lebih Yakin Berorganisasi.

Lewat PDPA, Oasistala Lotim Gembleng Anggotanya Agar Lebih Yakin Berorganisasi.

Ketua Umum OASISTALA Lotim saat memberikan sambutan didepan calon anggotanya.

LOMBOK TIMUR Nusrapost.com - Meski ditengah wabah covid-19. Organisasi Pencinta Alam (OASISTALA) Lombok Timur terus melakukan jenjang Kaderisasi dengan mengadakan Pelatihan Dasar Pecinta Alam (PDPA) pada calon anggotanya untuk menggemblengnya agar lebih yakin terhadap organisasi. Kegiatan itu berlangsung di sport Hall Porda Selong Kamis (24/12).

Ketua Umum Oasistala Lombok Timur Rodi Harkam mengatakan, Sebelum para calon anggota, mengikuti pendidikan dasar, para mahasiswa dan pemuda yang hendak bergabung terlebih dahulu harus menempuh beberapa tahapan seperti, test fisik dan wawancara.

Baru setelah dinyatakan lolos dalam dua tahapan ini, mereka layak untuk mengikuti pendidikan dasar," Sebutnya

Pendidikan dasar sendiri lanjutnya, meliputi dua tahapan yaitu materi ruangan dan aplikasi lapangan dengan tenggang waktu satu Minggu.

Materi ruang merupakan materi yang berkaitan dengan keterampilan saat melintasi alam bebas seperti Mountaineering, survival, navigasi darat, rock climbing, SAR,P3K dan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan aplikasi lapangan yaitu pengaplikasian materi yang telah diberikan pada saat di ruangan. Saat Aplikasi lapangan para calon anggota peserta akan dihadapkan langsung dengan alam terbuka.

Selain memberikan ilmu kepencinta alaman dimateri itu, juga ditanamkan nilai-nilai keorganisasian, semangat kebersamaan, kepemimpinan, tanggung jawab serta jiwa social, yang oleh pemateri dikemas secara menarik guna membuat para peserta tertantang untuk melakukan hal-hal yang baru dan bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dan pemuda dalam kegiatan alam terbuka.

"Sebagai organisasi pengkaderan kami berharap, agar calon anggota baru ini mampu berkiprah dan memberikan kontribusi untuk keberlangsungan dan kelestarian lingkungan,"tutupnya. (np 02)

Tags

Post a Comment