HM Syamsul Lutfi Salurkan Bantuan Alsintan Untuk Kelompok Tani.

HM Syamsul Lutfi Salurkan Bantuan Alsintan Untuk Kelompok Tani.

Para Perwakilan Petani saat menerima Handtractor 

LOMBOK TIMUR Nusrapost.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), HM Syamsul Luthfi S.E. M.Si, menyalurkan bantuan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) pada beberapa kelompok tani di tiga kecamatan, Jum'at (25/12). Bantuan itu berupa handtractor roda dua yang dilengkapi dengan alat penjalanya.

Anggota DPRRI HM Syamsul Lutfi, melalui Staf Ahlinya Anwar mengatakan, bantuan handtractor tersebut diberikannya kepada 3 kelompok tani yakni di Kecamatan Sembalun, Pringgabaya dan Suralaga.

Sebelum direalisasikan para kelompok tani tersebut terlebih dahulu mengajukan permohonan melalui dirinya yang kemudian ditindaklanjuti oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bersangkutan. sehingga bisa di serahkan kemasing masing ketua yang mewakili kelompoknya.

"Bantuan ini untuk mempermudah petani dalam membajak sawah sebelum menanam padi atau yang lainnya,"Sebut Anwar.

Ia berharap, dengan adanya bantuan Alsintan itu, bisa bermanfaat bagi para petani dan mampu mendapatkan hasil yang melimpah serta bisa semakin produktif. Sebab secara umum Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu lumbung pangan dengan kualitas hasil panen yang bagus.
Ia menilai, bantuan traktor yang diberikan akan mampu menunjang para petani guna mengoftimalkan hasil panennya.

Selain itu, dengan adanya dukungan Alsintan ini petani juga bisa meningkatkan transfer teknologi dalam peningkatan intensitas pertanaman.

"Yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja, karena ini adalah untuk kelompok," tandasnya.

Dari itu, Ia menegaskan, siapapun boleh mengunakannya untuk membajak lahan persawahan, asal sesuai ketentuan yang berlaku dan diberikan kewenangan pada kelompok tani yang mengaturnya sendiri.

Sementara itu salah seorang perwakilan Kelompok tani asal Kecamatan Suralaga yang menerima manfaat Alsintan dari Aspirasi DPR-RI, H. Wildan mengungkapkan, bahwa bantuan yang diterimanya diyakini akan bisa menunjang kerja anggotanya dalam memaksimalkan hasil pertanian.

Menurutnya lahan pertanian di Lotim begitu produktif, sehingga bantuan itu, tepat bagi para petani, dan semoga hasil panen petaninya melimpah, baik padi, jagung, sayur-sayuran, kacang tanah maupun hasil panen lainnya.

Berkaitan dengan bantuan itu, masyarakat merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan tersebut, mengingat traktor yang didapatkan akan digunakannya secara berkelompok di wilayahnya masing-masing.

"Alhamdulillah, semoga memberikan manfaat untuk kelompok dan petani yang lain," tandasnya. (np) 

Tags

Post a Comment