Upaya Menghapus Kemiskinan Ekstrim, Pemda Lotim Bangun Kerjasama Dengan Yayasan Islamic Relief Indonesia

Upaya Menghapus Kemiskinan Ekstrim, Pemda Lotim Bangun Kerjasama Dengan Yayasan Islamic Relief Indonesia

 

Penandatanganan Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dengan Yayasan Islamic Relief 

Lombok Timur Nusrapost.com – Sebagai upaya dalam menghapus Kemiskinan ekstrim dengan peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan Masyarakat, pengembangan desa tangguh bencana dan adaptasi dampak perubahan iklim. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur membangun Kerjasama dengan Yayasan Islamic Relief Indonesia Jumat (5/4).

Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengaku senang karena Yayasan Islamic Relief Indonesia tersebut melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur.

Program yang dibawa oleh yayasan tersebut diharapkan dapat mengubah nasib masyarakat di daerah ini, "Khusus untuk 50.908 KK masyarakat di Lombok Timur merupakan masyarakat dengan kemiskinan ekstrem," terangnya. Saat penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan di Ruang Rapat Bupati.

Pemda Lotim, lanjutnya, sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaring masyarakat miskin ekstrem, seperti bekerja sama dengan beberapa NGO dan penanganan melalui CSR BUMD. Akan tetapi ia mengaku hal tersebut tidak dapat diselesaikan sendiri oleh Pemda karena "Angka kemiskinan ekstrem tidak bisa kita koreksi sendiri, tetapi harus melalui kerja sama," ujarnya.

Senada, CEO Islamic Relief Indonesia Nanang S. Dirdja menyampaikan bahwa penghapusan kemiskinan memang mesti dilaksanakan secara komprehensif. la pun mengapresiasi antusiasme Pemda Lombok Timur menyambut pihaknya.

Disebutkannya berbagai macam faktor penyebab kemiskinan, selain kekurangan keterampilan juga masyarakat kekurangan aset. Karena itu dibutuhkan optimisme untuk menekan risiko kemiskinan ekstrem tersebut.

Penandatanganan tersebut disaksikan pula Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan, dan sejumlah pimpinan OPD seperti Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Damkarmat, dan kepala bagian kerja sama Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur. (*)

Ikuti kami di google news

Tags

Post a Comment