Miq Gite : Perang Ketupat Ajang Perkuat Silaturahmi & Toleransi

Miq Gite : Perang Ketupat Ajang Perkuat Silaturahmi & Toleransi


Mataram Nusrapost.com -- Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi membuka kegiatan Pujawali dan Perang Topat, Bertajuk "The Power of Culture" bertempat di Pura Lingsar Lombok Barat, Senin (27/11).


Pj Gubernur mengajak momentum perang ketupat itu dijadikan sebagai memen silaturahmi. Karena Pujawali Kemaliq Lingsar ini terdapat sebuah pelajaran tentang toleransi.


"Pujawali perang ketupat bukan hanya sebagai ritual tahunan melainkan momentum mengecas spirit toleransi yang saat ini sangat dibutuhkan dalam mengisi proses pembangunan daerah maupun negara," ungkap Miq Gite sapaan akrab Pj Gubernur.


Selain itu, Miq Gite mengingatkan kepada masyarakat menjelang perhelatan pesta demokrasi untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan umum, pemilihan Presiden, Gubernur Bupati/Walikota 2024.


"Jangan hanya gara-gara beda aspirasi, beda pilihan dijadikan sumber-sumber konflik yang menimbulkan perpecahan sehingga merugikan kita semua," tuturnya.


Tak lupa, Miq Gite menyampaikan terimakasih kepada Bupati Lombok Barat, untuk bersama-sama menjaga warisan.


"Mudah-mudahan dari tahun ke tahun, spirit penyelenggaraan perang ketupat ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," tutupnya.


Pada sebelumnya, Bupati Lombok Barat, Hj. Sumiatun menyampaikan perang ketupat ini merupakan tradisi budaya masyarakat Lombok yang diselenggarakan setiap tahun di Desa Lingsar.


"Tepatnya di Pura Lingsar sebagai warisan leluhur dilaksanakannya sebagai rasa syukur atas hasil panen yang melimpah," ungkapnya.


Ditambahkan Sumiatun Perempuan pertama Bupati Lombok Barat ini bahwa perang ketupat ini diawali dengan ritual di kemaliq Pura Lingsar kemudian masyarakat Hindu dan Muslim melakukan tradisi saling lempar ketupat sebagai perwujudan toleransi pluralisme yang hidup terjaga di tengah-tengah masyarakat.


Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Forkompimda Lombok Barat dan Forkompimda Lombok Barat, Kepala OPD lingkup Pemprov dan Lombok Barat, Camat se-kabupaten Lombok Barat, tokoh agama tokoh masyarakat, pemuda Lingsar dan sekitarnya.(*)


Ikuti kami di google news


Tags

Post a Comment