Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Lombok Timur Terima Kunjungan Rombongan Komisi Informasi (KI) NTB

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Lombok Timur Terima Kunjungan Rombongan Komisi Informasi (KI) NTB


Lombok Timur Nusrapost.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur menerima kunjungan rombongan Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka rapat kegiatan pendampingan Desa Nominasi Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) Tahun 2023 pada Kamis Pagi, (13/07) yang berlangsung di ruang Command Center.

Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) merupakan Program terobosan Komisi Informasi Provinsi NTB bersama Pemerintah Provinsi NTB yang bertujuan untuk mewujudkan Desa sebagai lembaga Pemerintahan terdepan yang mampu mengelola dan melakukan layanan Informasi Publik dengan baik, sehingga terbentuk Pemerintahan Desa yang terbaik menuju Pemerintahan yang baik (Good Doverment).

Pada kegiatan Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) Tahun 2023 tersebut sebanyak 3 Desa di Lombok Timur yakni Desa Sepit, Desa Rumbuk Timur, dan Desa  Labuhan Lombok masuk  nominasi pada tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sekertaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Zaitul Akmal saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi terhadap program DGIP yang dilakukan Pemerintah Provinsi, ia menilai pentingnya keterbukaan informasi dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan sebagai jaminan, perlindungan dan pemenuhan atas informasi publik kepada masyarakat maka pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Desa perlu mendapat perhatian agar Pemerintah dan masyarakatnya sama-sama mendapat manfaat atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, pendampingan terhadap 3 Desa yang masuk nominasi tersebut harus dilakukan dengan intens, dengan harapan 3 Desa tersebut dapat masuk 5 besar di Tingkat Provinsi. Selain itu, ia juga mengajak setiap Desa yang menjadi wakil Lombok Timur dalam program DGIP  mempersiapkan tahap visitasi secara maksimal dan Optimis untuk meraih hasil yang diinginkan.

Sementara itu, Ketua KI NTB Suaeb menyampaikan 3 Desa yang masuk nominasi adalah desa yang sudah lulus dalam tahapan menjawab kusioner, setelah itu penilaian utama dalam DGIP tersebut adalah dalam visitasinya.

Dalam tahapan visitasi, tim penilai DGIP akan melakukan kunjungan lapangan ke setiap Desa yang masuk perwakilan nominasi DGIP dengan melihat kualitas pelayanan informasi desa, sarana dan prasarana PPID desa, respon dan kualitas permohonan informasi masyarakat desa.

Tentu dengan harapan salah satu Desa yang mewakili Lombok Timur tersebut, mampu masuk menjadi Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) dan bisa masuk pula pada tingkat Nasional. (**)

 

Tags

Post a Comment