DP3AKB Lombok Timur Lantik Ratusan Duta Generasi Berencana (Genre) Desa.

DP3AKB Lombok Timur Lantik Ratusan Duta Generasi Berencana (Genre) Desa.

H. Ahmad Kepala DP3AKB Lombok TImur Saat memberikan keterangan pada awak media usia melakukan Pelantikan terhadap puluhan Duta Genre (Generasi Berencana) Desa. 

Lombok Timur Nusrapost.com -- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Lombok Timur menggelar Pelantikan dan Pembekalan terhadap 508 orang Duta Genre (Generasi Berencana) Desa yang di ambil dari 254 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) di Desa Lenek Kecamatan Lenek Lombok Timur, Sabtu (20/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Kepala DP3AKB, H. Ahmad mengungkapkan bahwa keberadaan Duta Genre desa diyakininya, akan mampu memberikan kontribusi positif dalam penurunan stunting, pernikahan dini dan akan mampu berkontribusi dalam penanganan masalah remaja lainnya, seperti penyalahgunaan narkotika dan seks bebas.

"Yang namanya remaja, sulit bercerita dengan orang yang lebih tua. Kalau dengan sebaya, mereka akan lebih terbuka. Dari itu, Para Duta Genre Desa ini berasal dari remaja-remaja terbaik di tingkat desa yang telah lolos dalam proses seleksi,”tutur H. Ahmad setelah memandu pelantikan Duta Genre Desa dan membacakan ikrar dalam acara tersebut.

Selain itu, Duta Genre ini, disinyalir akan dapat memberikan edukasi kepada teman sebayanya tentang narkotika dan perkawinan anak. Masa kerja Duta Genre Desa juga dibatasi hanya satu tahun, agar mereka yang telah melewati batas usia diganti dengan yang remaja yang lebih muda. Kehadiran Duta Genre bukan merupakan hal yang baru, sebelumnya Duta Genre telah ada di tingkat Provinsi dan Kabupaten.

"Ini bukan hal baru. Kalau kemarin hanya ada di Provinsi dan Kabupaten, tapi kali ini hingga tingkat desa," terangnya.

Kepala Perwakilan Wilayah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB, Lalu Makripuddin, mengatakan Duta Genre Desa dibentuk agar menjadi generasi yang unggul, sehat, dan cerdas. Sebab penyelesaian permasalahan di Lombok Timur menjadi tolak ukur penyelesaian masalah di NTB. Sehingga Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus pada penangan permasalahan stunting serta faktor-faktor lain penyebabnya.

"Beberapa langkah nyata dukungan Pemprov seperti penambahan tenaga P3K dari BKKBN. Termasuk anggaran juga kita berikan," sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, HM. Juaini Taofik yang berkesempatan hadir mewakili Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya remaja-remaja terbaik sebagai Duta Genre.

"Saya titip ke kadis PMD untuk mengantar Duta Genre ke desa. Ini program pemerintah. Bukan program saing-saingan," pesannya.

Untuk diketahui, tugas duta Genre yang dilantik tersebut adalah memegang peran penting sebagai Public Relation (PR) program Keluarga Berencana (KB) yang mempunyai tugas untuk menyosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Duta Genre desa/kelurahan ini merupakan langkah pemerintah dalam mengupayakan kesertaan remaja untuk turut serta membangun kesejahteraan keluarga di Indonesia dengan menjadi generasi yang memiliki rencana dalam tiap fase pertumbuhan usianya. (**)

Tags

Post a Comment