KONI Akui Keberhasilan Lotim di Porprov XI NTB Tidak Terlepas Dari Kolaborasi Semua Pihak

KONI Akui Keberhasilan Lotim di Porprov XI NTB Tidak Terlepas Dari Kolaborasi Semua Pihak


Lombok Timur Nusrapost.com -- Keberhasilan Kontingen Lombok Timur dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB tahun 2023, di samping kerja keras atlet, diakui Ketua KONI Lombok Timur L. Makbul Maya tidak lepas dari kolaborasi dan dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur. Pengakuan tersebut disampaikan kepada wartawan yang hadir pada temu pers yang berlangsung Selasa (28/2) di Ruang Rapat Utama 1 Kantor Bupati Lombok Timur.

Dukungan yang diberikan Pemda, meski diakui belum optimal dari segi pendanaan, akan tetapi menurutnya sangat berarti. Tidak saja sejak persiapan, melainkan pula pada pelaksanaan, bahkan hingga berakhirnya Porprov dengan komitmen memberikan bonus kepada atlet yang meraih medali. Ia mengapresiasi Pemda yang tetap memberikan dukungan melalui dana hibah meski dalam kondisi keuangan daerah yang terbatas.

Pencapaian pada posisi ke-tiga saat ini, dijelaskan Makbul Maya, melampaui raihan pada Porprov X lalu, juga target yang ditetapkan pada Porprov XI ini, yaitu pada posisi ke- empat. Hal tersebut tentunya tidak dicapai dengan mudah dan instan. Hasil tersebut diraih melalui pelaksanaan Pelatda dengan metode desentralisasi yang berlangsung relatif singkat. Meskipun berlangsung singkat akan tetapi dinilai cukup bermakna. Ia menyampaikan bahwa KONI memberikan peluang bagi semua atlet dan cabor untuk berprestasi dengan mendorong terbentuknya sejumlah kepengurusan cabor. Hal tersebut juga terbukti berhasil mendongkrak perolehan medali bagi Lombok Timur.

Ketua KONI yang didampingi sejumlah pengurus lainnya menyampaikan optimismenya bahwa potensi Lombok Timur di bidang olaharaga masih sangat mungkin dikembangkan sehingga dapat terus memperbaiki posisinya. Dukungan semua pihak, tidak terkecuali jurnalis Lombok Timur dengan pemberitaan positif dan kritik yang bersifat membagun pun diharapkan untuk terus mengembangkan dunia olahraga di daerah ini. KONI akan mengevaluasi pelaksanaan Porprov XI untuk kembali mempersiapkan atlet Lombok Timur pada ajang lainnya.

Senada, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kurnia Akmal yang turut hadir mengakui masa depan olahraga Lombok Timur bisa lebih baik lagi melihat potensi cabor yang masih belum diikuti. Lombok Timur tahun ini mengikuti 30 cabor dari 35 cabor yang dipertandingkan. Ia juga mengapresiasi kinerja KONI, atlet, pelatih, dan manajer yang telah berupaya memberikan yang terbaik pada Porprov XI.

Pada Porprov XI yang berlangsung 18-26 Februari di Mataram tersebut, Lombok Timur berhasil mengumpulkan 159 medali, yaitu 41 emas, 51 Perak, dan 67 Perunggu. Pencapaian itu menempatkan Lombok Timur di Posisi ke-tuga setelah Kota Mataram dan Kabupaten Dompu.

 

Tags

Post a Comment