Semarak Hultah NWDI Ke 87 Ditanah Kelahirannya, Belasan Ribu Peserta Ikuti Pawai Alagoris

Semarak Hultah NWDI Ke 87 Ditanah Kelahirannya, Belasan Ribu Peserta Ikuti Pawai Alagoris



Lombok Timur Nusrapost.com -- Belasan ribu jamaah turun memadati ruas jalan Pancor-Selong, ini dilukan guna mengikuti pawai alegoris menyambut Hultah NWDI ke-87 di tanah kelahirannya Pancor Lombok Timur.

"Pelaksanaan pawai ini berlangsung selama dua hari, mulai hari ini Jum'at sampai Sabtu besok. Kemarin kita sudah Hiziban Akbar dan hari ini dilanjutkan dengan pawai alegoris yang terbagi menjadi 2 kategori," Kata Ketua YPH NWDI HM Djamaluddin usai melapas ribuan peserta Jum'at (16/9).

Ia mengatakan, Untuk hari, Peserta pawai masuk dalam kategori Dapil 1, sebab berasal dari wilayah kecamatan Selong dengan jumlah sekira 17.970 terdiri dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sederajat hingga peserta umum.

Yang mana, hari ini semua kontingen sebanyak 83 Kontingen dan pada hari Sabtu besok yang sudah siap sebanyak 301 kontingen dengan total peserta 30.025 orang yang berasal dari luar Kota Selong bahkan dari luar kabupaten Lombok Timur. Mulai dari sekolah atau madrasah hingga tingkat umum.

Pawai alegoris ini merupakan bagian dari rangkaian Hultah yang dilaksanakan oleh pendiri NWDI Maulanasyeikh TGKH Zainuddin Abd Madjid yang harus lanjutkan bahkan telah ditradisikan oleh Nahdliyyin.

Ia berharap semua tradisi yang telah diwariskan Maulanasyeikh dapat dipertahankan dan dilaksanakan oleh generasi penerus NWDI. Nilai-nilai perjuangan itu juga harus dijaga.

"Ada banyak tradisi dan nilai-nilai yang beliau wariskan kepada kita. Dan itu harus kita tegakteguhkan dalam mewujudkan cita-cita beliau," paparnya.

Kenapa harus dijaga? Karena perkembangan teknologi kian pesat dan hal itu bisa melunturkan semua itu, termasuk nilai-nilai budaya Sasak dan bangsa Indonesia.

"Karena itu, nilai-nilai yang diajarkan beliau harus kita jaga bersama dengan semangat seperti semangat awal pada masa perjuangan silam," harapnya.

Tags

Post a Comment