Bupati Sukiman Apresiasi Festival Bedudul Desa Montong Betok 

Bupati Sukiman Apresiasi Festival Bedudul Desa Montong Betok 

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi saat memberikan sambutan di Festival Bedudul Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading 


LOMBOK TIMUR Nusrapost.com -- Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengapresiasi pelaksanaan Festival Tahunan Pancing Lindung atau Belut yang dalam bahasa sasak disebut bedudul di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading. 



Pada pembukaan festival yang berlangsung Ahad (20/2) tersebut Bupati menyatakan dukungan pemerintah dengan memberikan dukungan dana Rp.10 juta sebagai tambahan doorprize.



"Kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. 



Menurutnya, selain mendukung pelestarian lingkungan, kearifan lokal bedudul ini juga dapat menjadi agenda wisata yang dapat menarik minat wisatawan, utamanya wisatawan asing. 



Kegiatan keseharian seperti itu, menurut Bupati, akan mendukung pengembangan wisata di kawasan tersebut. Tidak hanya di Montong Betok, kegiatan ini diharapkan Bupati juga dapat diselenggarakan di desa lainnya, di seluruh wilayah Lombok Timur.



Pada kesempatan tersebut juga menjawab peningkatan kualitas jalan di kawasan tersebut. Namun begitu ia meminta upaya dukung masyarakat setempat dengan menambah masing-masing satu meter di sisi jalan, sehingga ruas jalan menjadi semakin lebar. Pelebaran dan peningkatan kualitas jalan diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.



Festival pancing lindung ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak merusak lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam hayati dengan cara yang ramah lingkungan. 



Kegiatan yang diinisiasi Komunitas Pancing Lindung tersebut diikuti 50 tim. Panitia menyediakan doorprize bagi juara 1 sebesar Rp. 1 juta, juara 2 sebesar Rp.750 ribu dan juara 3 sebsar Rp.500 ribu. (np)



Tags

Post a Comment