Sekda Lotim Dampingi Gubernur NTB Resmikan LPM Gotong Royong Sakra Selatan.

Sekda Lotim Dampingi Gubernur NTB Resmikan LPM Gotong Royong Sakra Selatan.


LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Sebagai langkah awal dalam perkembangan pengelolaan pangan, Sekretaris Daerah Lombok Timur H.M Juaini Taofik mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gotong Royong di Dusun Kesuit, Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Lombok Timur. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur NTB Selasa (16/2).

Hadir dalam peresmian itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB, Kepala OPD Kabupaten Lombok Timur, Camat Sakra, tokoh Agama, tokoh masyarakat desa setempat.

Dalam sambutannya Sekertaris Daerah Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik menyampaikan terimakasih atas perhatian pemerintah Provinsi NTB terhadap masyarakat Lombok Timur, dengan dibangunnya LPM di Dusun Kesuit Desa Sakra Selatan, oleh karenanya Ia, berharap dengan pembangunan LPM ini, masyarakat dapat berkontribusi mengelola hasil pangan dan dirasakan manfaatnya di hari mendatang.

"Ini merupakan LPM ke-tiga yang dibangun pemerintah provinsi di Kabupaten Lombok Timur. Karenanya kami mengucapkan banyak terima kasih”, ungkapnya.

Sementara itu Gubernur NTB Dr. H. Zulkiplimansyah dalam sambutannya berharap kehadiran LPM ini menjadi awal perkembangan sistem pengelolaan pangan lainnya di setiap desa. Sebab pembuatan cold storage dalam LPM itu, dapat dicontohkan salah satu fungsinya untuk menyimpan ikan atau sayur-sayuran lebih lama.

"Pemanfaatan cold storage dapat meningkatkan ekonomi nelayan dan petani, sebab, bisa menjual hasil laut atau tanamannya dengan harga bersaing,"sebutnya.

Selain itu Gubernur juga meminta pada jajarannya untuk terus dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Dalam laporannya Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB, Dr.H. Fathul Gani mengatakan, Dusun Kesuit merupakan satu dari 15 lokasi di NTB yang terpilih sebagai lokasi pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat.

"Masyarakat Dusun Kesuit ini, memiliki semangat tinggi mengembangkan potensi pangan yang ada di wilayahnya,"singkatnya (np).

Tags

Post a Comment