Bapenda Lotim Terima Kunjungan DPRD Karang Asem

Bapenda Lotim Terima Kunjungan DPRD Karang Asem


LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lombok Timur menerima Kunjungan Kerja sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karang Asem Provinsi Bali. Adapun penerimaan rombongan itu berlangsung di ruang rapat Bapenda Senin, (15/02).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melakukan tukar informasi terkait upaya peningkatan pendapatan daerah melalui pengelolaan pajak hotel dan restaurant serta diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Lombok Timur. 

Kepala Bapenda Lombok Timur M. Azlan menyebutkan, dampak pandemi covid-19, hampir seluruh daerah di Indonesia mengalami penurunan PAD. Sehingga target PAD Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2020 sebesar 363,2 M dan terealisasi sebesar 325,8 M atau setara 89,72%. Hal tersebut disebabkan sejak pandemi covid-19 sekitar bulan maret 2020, pemerintah Lombok timur mengambil kebijakan memberikan relaksasi retribusi pada para pedagang pasar tradisional, dan pengusaha hotel.

"Khusus untuk pajak hotel dan restoran, target yang dibebankan APBD 2020 sebesar 814 juta, dan yang bisa direalisasikan sebesar 286 juta atau 35,18%,"sebutnya.

Akan tetapi, lanjut Azlan, dari pajak restoran yang memiliki target 3,7 M, capaiannya melampaui target yaitu sebesar 3,9 M atau 103 %. Capaian itu, merupakan hasil kerja keras teman-teman Bapenda dan partisipasi aktif para pengusaha restoran dan rumah makan di kabupaten Lombok Timur. (np) 

Tags

Post a Comment