Tangani Limbah Medis, DLHK Lotim Siapkan Kontainer Di Setiap Puskesmas.

Tangani Limbah Medis, DLHK Lotim Siapkan Kontainer Di Setiap Puskesmas.

Deddy Sutarmin Kepala Bidang Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur

LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Sebagai upaya dalam menangani limbah medis, ditengah suasana Corona Virus Desearse (Covid-19). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur telah menyiapkan kontainer di setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada Rabu (20/1).

Kepala Bidang Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur Deddy Sutarmin mengungkapkan, untuk mengantisipasi penyebaran wabah dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), pihaknya telah menaruh kontainer disetiap puskesmas yang ada diseluruh kecamatan di Lombok Timur. Hal demikian dilakukan, agar sampah tersebut tidak bercampur dengan sampah yang bersumber dari limbah rumah tangga dan berakhir di tempat yang sama.

"Dimasa pandemi ini, volume limbah medis semakin meningkat. Oleh karenanya kami  memberikan perhatian khusus kepada jenis limbah ini,"Sebutnya.

Dalam mengatasinya pihaknya telah berupaya untuk mengkategorikan jenis  limbah tersebut sesuai dengan jenisnya. Seperti limbah benda tajam, infeksius, patologi, sitotoksik, farmasi, kimia,dan radio aktif. Sebab, jenis-jenis limbah itu harus di tangani secara khusus dan kalau tidak pihaknya khawatir, dari sampah tersebut akan dapat menjadi sumber penularan penyakit baru.

"Terutama sekali, limbah medis dari penanganan pasien dengan penyakit menular dikhawatirkan menjadi sumber penularan penyakit bagi masyarakat, petugas,dan lainnya," terangnya.

Terkait dengan pengangkutan dan pemusnahan dari limbah itu, lanjut pria yang akrab disapa Deddy, pihaknya akan langsung di kirim ke luar daerah, mengingat alat yang di pakai untuk pemusnahan limbah medis di TPA Lombok Timur masih belum ada (np 02).

Tags

Post a Comment