Gandeng BNI, Pemdes Pringgajurang Salurkan Jadup Bagi Warga Terdampak Gempa 2018.

Gandeng BNI, Pemdes Pringgajurang Salurkan Jadup Bagi Warga Terdampak Gempa 2018.

H Zainul Kepala Desa Pringgajurang

LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Sebagai upaya dalam memberikan perhatian lebih, pada warga negara atas musibah gempa bumi yang meluluh lantakkan Pulau Lombok tahun 2018 silam. Pemerintah Republik Indonesia melalui, Kementerian Sosial memberikan jaminan hidup pada warga terdampak.

Setelah menjalani proses panjang Jaminan hidup itupun mulai tersalurkan di beberapa daerah dipulau Lombok. Hal demikianpun kini dijalankan oleh Pemerintah Desa Pringgajurang Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Jum'at (22/1).

Kepala Desa Pringgajurang H. Zainul mengatakan, pemberian jaminan hidup untuk warganya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) yang sebelumnya ditunjuk sebagai penyalur oleh pemerintah pusat.

"Di sini, jumlah warga yang menerima sebanyak 568 KK dengan jumlah jiwa 1848," terangnya saat ditemui di ruangan nya.

Dikatakan Zainul, Dalam proses pengajuannya, Ia bekerjasama dengan masing-masing kepala wilayah untuk melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya rusak akibat terkena dampak bencana alam 2018 silam. Jumlah nominal yang diterima masyarakat pada jaminan hidup tersebut dihitung berdasarkan jumlah keluarga dalam satu Kepala Keluarga dengan ketentuan 10 ribu perhari selama satu bulannya.

"Jadi kalau jumlah anggota keluarganya dalam satu KK 3 orang maka mereka berhak mendapatkan 30 ribu perharinya dikalikan 30 hari,"Jelasnya.

Dari informasi sementara yang diperolehnya, Jaminan Hidup yang nanti akan diterima masyarakatnya hanya satu bulan. Namun pihaknya juga belum tahu secara pasti berapa kali masyarakat akan diberikan.

Dari itu, Ia berharap pada masyarakat yang menerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan yang paling mendasar. (np)

Tags

Post a Comment