Rakor Pengawasan Tahapan Coklit dan Pemutakhiran Data Pemilih, Johari Marjan Minta Panwascam & PKD Aktif Turun Lapangan

Rakor Pengawasan Tahapan Coklit dan Pemutakhiran Data Pemilih, Johari Marjan Minta Panwascam & PKD Aktif Turun Lapangan

 

Johari Marjan, M. Pd Kordiv P2H Bawaslu Lotim saat memberikan pemahaman pada panwascam soal pengawasan tahapan coklit dan pemutahiran data pemilih 

Lombok Timur  Nusrapost.com -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih untuk Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Lotim pada Pemilihan Serentak 2024.

Rakor yang dihadiri Ketua dan Kordiv P2H Panwascam se-Kabupaten Lotim ini dipimpin langsung, Kordiv P2H Bawaslu Lotim, Johari Marjan, M. Pd bertempat di Aula Kantor Bawaslu Lotim, Kamis 6 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Johari Marjan menekankan kepada Panwascam untuk aktif melakukan pengawasan di wilayah tugasnya masing-masing. Pengawasan penyusunan daftar pemilih menjadi salah penekanan yang disampaikan karena merupakan tahapan yang paling rawan akan sengketa.

Maka dari itu, Panwascam bersama Pengawas Kelurahan/Desa yang sudah dilantik melakukan pengawasan melekat, mulai dari rekrutmen Pantarlih oleh PPS hingga proses pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit). "Lakukan pengawasan melekat, Panwascam bersama PKD harus rajin turun ke lapangan saat proses coklit itu," tegasnya.

Johari Marjan juga menekankan supaya Panwascam melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang muncul pada saat proses penyusunan daftar pemilih. Pemetaan IKP ini, lanjut Marjan sangat penting dilakukan supaya mulai dari DPS, DPSHP, pengumuman DPT dan pemetaan TPS memudahkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

"Jika pengawasan dan pemetaan itu betul-betul kita lakukan, maka hak pilih masyarakat betul-betul terjaga oleh Bawaslu. Rekan-rekan Pengawas harus melakukan pengawasan harus disertai data, foto, video dan sesuai aturan" paparnya.

Rakor yang disertai diskusi tanya jawab antara Panwascam dan Komisioner Bawaslu Lotim, Johari Marian juga membahas hal-hal krusial pelaksanaan rekrutmen pantarlih, proses coklit dan pemetaan TPS pada pemilihan serentak 2024. (*)

ikuti kami di google news

Tags

Post a Comment