Disinyalir Terlibat Kampanye, Bawaslu Lotim Proses Oknum Kades Di Wilayah Sikur

Disinyalir Terlibat Kampanye, Bawaslu Lotim Proses Oknum Kades Di Wilayah Sikur

Photo ilustrasi 


Lombok Timur Nusrapost.com -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok (Lotim) telah menetapkan indikasi dugaan pelangagaran Pemilu oleh salah seorang oknum Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Sikur.

Penetapan itu,lantaran oknum Kades tersebut diduga ikut hadir dalam kegiatan kampanye salah satu Caleg peserta pemilu yang kemudian ikut berpidato menyampaikan sosok Caleg.

"Kita dipekan kemarin sudah tetapkan bahwa ada salah satu oknum Kades di Kecamatan Sikur yang terlibat dalam kegiatan kampanye salah satu Caleg," tegas Jumaidi, Koordinator Devisi Penangan Pelanggaran Data Dan Informasi Bawaslu Lotim, Selasa (9/1).

Menurutnya, kehadiran dan kegiatan kampaye yang dilakukan oleh oknum Kades tersebut sudah masuk dalam larangan dan merupakan pelanggaran yang telah jelas diatur dalam Pasal 490 UU 07 tahun 2027 tentang Pemilu.

Dimana disebutkan, setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp.12.000.000.

Maka pihaknya sudah menindaklanjutinya dengan melakukan panggilan terhadap beberapa saksi-saksi. termasuk juga pengawas yang melakukan pengawasan saat berlangsungnya kampanya, untuk dimintai keterangan dan klarifikasi.

Selain itu ditegaskan, pihak tim penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) sedang melakukan pembahasan untuk dilakukan akan dikeluarkan rekomendasi. Selanjutnya terkait pidananya pihak Polisi akan melakukan penyelidikan.

"Kami sudah tindaklanjuti ini, sudah diregistrasi dan bahkan kita sudah melakukan pembasan. Saat ini yang sudah kami register hanya satu oknum kades ini saja," tandasnya.(*)

Ikuti kami di google news 

Tags

Post a Comment