Johari Marjan : Bawaslu Lotim Akan Rekrutmen Pengawas TPS Januari 2024

Johari Marjan : Bawaslu Lotim Akan Rekrutmen Pengawas TPS Januari 2024

Johari Marjan Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Lombok Timur

Mataram Nusrapost.com -- Tahapan pemilu serentak tahun 2024 terus berlalu dan kini tahapan tersebut akan sampai pada proses penghujung. Sehingga dalam memaksimalkan pengawasan nanti di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lombok Timur akan melakukan rekrutmen pengawas TPS, dipertengahan bulan Januari tahun 2024 mendatang. 

"Sesuai aturan, Pengawas TPS ini, akan bekerja selama 23 hari sebelum hari H pemungutan suara. Maka sebelum itu harus dilakukan rekrutmen pengawas di wilayah Kecamatan masing-masing panwascam,"kata Koordinator divisi SDM Organisasi Bawaslu Kabupaten Lombok Timur Johari Marjan saat dikonfirmasi disela-sela kesibukannya Kamis (23/11/23).

Dalam rekrutmen ini lanjut Marjan, pihaknya akan tetap berpatokan pada pedoman yang nantinya dikeluarkan oleh Bawaslu RI. Namun kalau berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya batasan usia untuk bisa menjadi pengawasan TPS, awalnya minimal usia 25 tahun tetapi dengan kebijakan baru yang dikeluarkan, batas usia tersebut berubah menjadi minimal 21 tahun.

Hal demikian dipengaruhi oleh tingkat Sumber Daya Manusia yang nantinya banyak terserap, entah sebagai penyelenggara yang direkrut oleh Jajaran KPU seperti Kelompok Kerja Pemungutan Suara (KPPS). Bahkan kemungkinan banyak juga yang sudah direkrut menjadi saksi oleh pihak partai politik sehingga, ini sangat berpengaruh terhadap sumber daya yang nantinya dibutuhkan.

"Intinya perekrutan Pengawas TPS ini akan kami lakukan di Bulan Januari 2024 mendatang,"tutupnya.

Sebagai informasi kebutuhan pengawas TPS yang nantinya akan direkrut di wilayah Lombok Timur sebanyak 4.010 TPS tersebar di 21 kecamatan yang ada. (np)

Ikuti kami di google news 


Tags

Post a Comment