Bina Karir Puluhan Siswa MAN IC Lotim Kunjungi Tiga Universitas

Bina Karir Puluhan Siswa MAN IC Lotim Kunjungi Tiga Universitas

Rombongan MAN IC saat melakukan photo bersama 

Lombok Timur Nusrapost.com -- Keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lombok Timur mengunjungi 3 universitas ternama. 

Kegiatan yang dilakukan itu, sejatinya tidak lain dalam rangka Bina Karir, persiapan kelas XII studi lanjut ke perguruan tinggi. Pasalnya, siswa madrasah semakin banyak yang berminat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Selain tuntutan zaman, kesadaran pentingnya pendidikan tinggi sudah muncul di masyarakat. Kegiatan kunjungan itu sendiri berlangsung dari Tanggal 30 Oktober sampai 4 November 2023.

“Ada 68 siswa kelas XII yang kita bawa dalam rangka bina karir ke 3 Universitas seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Alhamdulillah, kegiatan kita berjalan lancar,” Ketua Rombongan MAN IC Lotim, Hidayat Joni Mursyid.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa kegiatana ini dilakukan tidak lain sebagai upaya untuk persiapan studi lanjut siswa MAN IC Lotim kelas XII. 

‘’Kegiatan ini sudah berjalan sejak 5 tahun lalu di setiap tahunnya kita lakukan,’’ Terangnya. 

Selain itu, para siswa-siswi MAN Insan Cendekia, diajak untuk mengenal lebih dekat dengan UI, ITB dan Akpol. Sebab ketiga lembaga ini, sebagai salah satu kampus pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Menurutnya, bahwa kegiatan yang dilakukan ini sudah berjalan sejak 5 tahun lalu untuk memfasilitasi siswa melanjutkan ke kampus-kampus terbaik.

’’Alhamdulillah semua tujuan yang diagendakan tercapai, siswa sangat antusias dan semakin mantap dengan pilihannya. Banyak siswa yang akan ke FISIP UI dan manajemen serta ekonomi. Bukan hanya itu, di ITB terutama Fak.teknik pertambangan dan perminyakan. Kemudian di Akpol juga seperti itu,’’ Jelasnya.

Dipaparkan lebih jauh, bahwa kegiatan ini sangat memberikan pengaruh besar terhadap keyakinan terhadap pilihan perguruan tinggi dan prodi yang direncanakan.

‘’Tinggal siswa sekarang serius belajar mempersiapkan diri serta berpesan supaya memilih prodi sesuai dengan minat dan bakat. Jangan memilih karena gengsi antar sesama. Karena kuliah yang dipaksakan, itu ujungnya berat dan cenderung sulit dijalani, apalagi yang memilih prodi tertentu karena terpaksa sebab pilihan keluarga,” Terangnya.

Untuk diketahui, bahwa dalam kunjungana itu, didampingi 8 Guru dan tenaga pendidik yang ditunjuk Kepala Madrasah diantaranya, Hidayat Joni Mursid selaku (Ketua Rombongan), H. Selamat Ridwan, H. Hirmaswadi, L. Amrillah Thanggo , Sunarno Hariadi Hariadi, Bq. Ika Yusdarini, Lia Pujiastuti dan Maya Ayodya. 

‘’Mereka inilah selama 6 hari perjalanan mendampingi para siswa melaksanakan kunjungan ke berbagai Kampus ternama di pulau Jawa, mulai dari Jakarta, Bandung dan Semarang. Kampus UI, ITB dan Akpol menjadi tujuan utama STUVICAM ini. Selain itu, kunjungan ditujukan ke kantor Badan Riset dan Inovasi yang sekarang lebih di kenal dengan kantor BRIN, Kota Tua, Taman Raya Bogor, TMII dan berbagai tempat menarik lainnya. 

Keberadaan tim pendamping ini sangat penting dirasakan oleh para peserta. Merekalah yang selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Apa yang dibutuhkan menjadi tanggungjawab tim ini. Mulai dari layanan transportasi, komunikasi dgn pihak obyek yang dituju, konsumsi, pengobatan atau kesehatan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, pihaknya mengingatkan bahwa tugas utama tim adalah bertanggungjawab terhadap keselamatan dan layanan yang baik bagi peserta. 

‘’Terimakasih kepada rekan-rekan tim atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan keberkahan hidup melalui tugas yang diemban di atas keikhlasan,’’ Tandasnya (Red).

Ikuti kami di google news 


Tags

Post a Comment