Echo Green Gelar Lokakarya dan Pameran Inisiatif Pertanian Hijau

Echo Green Gelar Lokakarya dan Pameran Inisiatif Pertanian Hijau

 


Lombok Timur Nusrapost.com -- Echo Green menggelar Lokakarya pameran inisiatif pertanian hijau pada kelompok tani perempuan dan generasi muda. Kegiatan itu, bertempat di Lesehan Rirana Selong Kecamatan Selong Lombok Timur. Kamis (29/12/2022).

Hadir dalam kegaitan tersebut perwakilan dari beberapa kecamatan yang menjadi tempat program dilakukan. Adapun kehadirannya dalam rangka mengenalkan produk-produk yang telah mereka hasilkan sejak tiga tahun program berjalan. Selain itu, hadir juga pada kegiatan tersebut perwakilan OPD di Tingkat provinsi serta kabupaten sebagai pemateri diskusi dengan stakeholder dan penerima manfaat program tersebut.

Manajer Echo Green, Bayu Saputra menjelaskan, tujuan dari program ini untuk mempromosikan ekonomi hijau oleh petani perempuan dan generasi muda pada sektor pertanian, juga untuk memperkuat efektivitas perempuan dan generasi muda dalam tata ruang desa dan tata guna lahan. Yang mana tujuan utama kegiatannya untuk memperkenalkan model inisiatif ekonomi hijau yang dijalankan oleh kelompok tani perempuan dan generasi muda tani pada tingkat lebih luas lagi.

"Kegiatan ini dalam rangka mempromosikan praktek pertanian berkelanjutan yang baik dan inovatif kepada masyarakat." Terangnya.

Sementara itu, perwakilan dari kecamatan suela yang diwakili sekertaris Camat suela mengungkapkan, dengan adanya Echo Green ini dapat membatu masyarakat khususnya di kecamatan suela. salah satu desa yang dicontohkan pada desa sapit dengan komoditas kopi, awalnya kopi suela ini belum terkenal, tetapi berkat echo Green kopi suela sudah terkenal.

"Kopi kita di sapit sudah menyaingi kopi Sembalun, yang selama ini kopi Sembalun sangat terkenal dan sekarang kopi kita di sapit juga terkenal." tuturnya.

Bukan hanya kopi, di Suela juga mempunyai potensi dari kelapa yang di olah menjadi minyak goreng dan di unggulkan yang diolah oleh anggota kelompok masyarakat yang ada disini untuk menjadi minyak.

"Harapannya, karena echo Green ini berakhir, dari berakhir nya Echo Green tahun ini bukan berarti meninggalkannya." harapnya. (Cr-Am)

Tags

Post a Comment