Rakernas NWDI, Upaya Mewujudkan Cita-Cita Pendirinya "Kiyai Hamzanwadi"

Rakernas NWDI, Upaya Mewujudkan Cita-Cita Pendirinya "Kiyai Hamzanwadi"

 

Photo: Dr. Zulkieflimansyah Gubernur NTB (Kiri). TGH Yusuf Makmun (Tengah) dan TGB Dr Muhammad Zainul Majdi MA (Kanan).

Lombok Timur Nusrapost.com -- Organisasi Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Siti Rauhun Zaenuddin Abdul Majid Sabtu (17/9). Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan itu yakni "Transformasi NWDI Menuju Peningkatan Jam'iyah pada Jamaah" Sabtu (17/09).

Selain Rakernas acara tersebut sekaligus dirangkaikan untuk melantik pengurus wilayah NWDI di enam provinsi yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Banten, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Lampung.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PB NWDI) Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. Muhammad Zainul Majdi, MA dalam pidatonya menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara rakernas yang memang menjadi salah satu agenda organisasi NWDI.

Ia menyebutkan, dalam suasana menyambut Hultah NWDI Ke-87, yang merupakan salah satu moment untuk melihat apa yang sudah dikerjakan bersama sebagai perangkat organisasi NWDI, serta dalam rangka mewujudkan cita-cita pendirinya yang telah mengikhtiarkan organisasi, sekolah dan Madrasah sebagai alat perjuangan untuk mengokohkan iman dan taqwa serta mengokohkan nilai-nilai perjuangan di bumi nusantara.

Tak hanya itu sambung TGB, Madrasah merupakan sarana perjuangan Almaghfurlah bersama para santrinya yaitu generasi awal NWDI untuk turut serta berjuang agar indonesia semakin maju dengan membawa nilai-nilai yang baik.

"Apa yang sudah kita lakukan untuk mewujudkan cita-cita pendiri NWDI, nah inilah yang penting dalam moment-moment organisasi termasuk pada saat kita melakukan Rakernas," ungkap mantan Gubernur dua periode ini.

Maka dari itu lanjutnya, penting untuk diketahui, bahwa semangat NWDI itu dibangun bukan hanya untuk tanah Selaparang, ataupun NTB dan bukan hanya untuk indonesia semata, akan tetapi "fil Alamin", artinya nilai-nilai perjuangan NWDI bisa mengisi Khazanah kebaikan dalam peradaban dunia.

Sementara itu Dewan Pakar NWDI Dr. Zulkiflimansyah dalam pidatonya mengatakan bahwa didalam berorganisasi itu mudah diomongkan namun sukar untuk dikerjakan. Maka dari itu pentingnya menghormati pemimpin atau imam dalam organisasi karena ini merupakan cara efektip dan efisien untuk memajukan organisasi untuk waktu yang akan datang.

Pria yang juga Gubernur NTB ini menyebutkan ada beberapa saran yang akan diajukan oleh dewan pakar yang sudah tertuang dalam Program jangka panjang diantaranya organisasi NWDI harus tetap exist ke depanya, maka dari itu organisasi NWDI harus meningkatkan inovasi seperti membangun satu Sekolah unggulan model bertarap nasional atau internasional.

"Sehingga nanti tentunya sekolah ini akan melahirkan alumni-alumni  yang berperan aktif sebagai sektor dalam perubahan baik tingkat nasional maupun internasional," jelasnya.

Hal ini juga kata dia, dimaksudkan untuk membangun intra organisasi NWDI sebagai lembaga yang kredible dalam mendukung kemajuan ummat dalam bidang pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Kami membayangkan kebetulan dewan pakar ini, banyak lulusan dari luar negeri baik dari inggris, belanda, amerika, seperti gerakan pendidikan yang ada di turki, jadi  kita mulai gerakan NWDI menjadi milik nasional, bahkan milik dunia," tandasnya.

Selanjutnya NWDI harus mempunyai pendanaan yang berkelanjutan untuk mendukung aktifitas organisasi, dengan mendirikan badan usaha, seperti pendirian super market untuk memenuhi kebutuhan ummat.

"Kalau Alfamart dan Indomart bisa maka kita di NWDI juga harus bisa," pungkasnya.

Hadir dalam acara Rakernas tersbut yakni Dewan Mustasyar  sebanyak 17 Orang, Dewan Pakar, 23 Orang, Dewan Pengurus 113 Orang, Pimpinan Pusat Badan Otonom NWDI , Muslimat NWDI 2 Orang , Ikatan Sarjana NWDI 2 Orang , Persatuan Guru NWDI 2 Orang , Pemuda NWDI 2 Orang, Himpunan Mahasiswa NWDI 2 Orang, Ikatan Pelajar NWDiI 2 Orang dan SATGAS HAMZANWADI 2 Orang. (**)

Tags

Post a Comment