HM Djamaluddin: Semarak Hultah, Untuk Mengembalikan Semangat Awal Terbentuknya Madrasah.

HM Djamaluddin: Semarak Hultah, Untuk Mengembalikan Semangat Awal Terbentuknya Madrasah.

Ribuan Santri saat menggelar Hiziban Akbar di Gor Hamzanwadi Pancor

Lombok Timur Nusrapost.com -- Sebagai rangkaian acara dari beberbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam menyambut perayaan Hultah NWDI Ke-87, terhitung sebanyak 9 ribuan lebih santri dan jamaah mengikuti Hiziban Akbar di Gor Hamzanwadi Pancor Kecamatan Selong Lombok Timur, di mulai pukul 08.15 Wita.

"Hiziban Akbar ini adalah kegiatan yang sudah sering diadakan kali ini di lakukan 3 hari sebelum acara puncak dari hultah NWDI,dan pada kegiatan hultah diharapkan untuk mengembalikan semangat awal terbentuknya madrasah,"Kata Ketua Umum YPH PPD NWDI Pancor H.M. Djamaluddin Kamis (15/09).

Diusianya, ke-87 tahun NWDI telah menandakan usia matang terutama untuk sebuah madrasah. Untuk itulah semoga semangat awal madrasah bisa kembali di tegakkan, yakni menjadi madrasah yang mencetak nahdliyin, serta menjadi penghimpun madrasah yang lain setelahnya.

"Semangat itulah yang ingin di teruskan dengan hultah yang ke-87 NWDI, mengingat saat ini sudah ada ormas NWDI yang semangatnya sesuai dengan semangat madrasah di awalnya,"Ujar Djamaluddin.

Setelah Hiziban Akbar nantinya kegiatan pra hultah akan di lanjutkan dengan Pawai Alagoris yang terbagi menjadi 2 kategori, yakni kategori dapil 1 yang berasal dari Selong dan sekitarnya yang di laksanakan pada hari Jumat 16 September 2022. Dan di lanjutkan dengan Pawai Alagoris yang sama, namun peserta yang ada berasal dari masyarakat di luar Selong, yang nanti di adakan pada Sabtu 17 September 2022.

"Pawai Alagoris ini nantinya akan di ikuti lebih dari 24 ribu peserta," paparnya.

Djamaludin menyebut, di bagi duanya hari pelaksanaan Pawai ini karena melihat lonjakan peserta yang menandakan begitu rindunya mereka dengan hultah pada tahun ini. Mengingat, dua tahun lamanya tidak ada kegiatan seperti ini akibat pandemi covid-19. 

Untuk itulah, pihak dari yayasan juga telah menyiapkan pengamanan dengan koordinasi bersama beberapa lembaga, baik itu kepolisian hingga dengan beberapa OPD pemerintah yang ada.

"Insyhaallah dengan koordinasi sampai dengan hari ini berjalan lancar, tentunya kita harapkan juga berlanjut sampai dengan hari terakhirnya nanti di hari Ahad," katanya.

Selain itu, Pihak yayasan juga telah mengalokasikan tempat untuk berjualan bagi penjual yang sebelumnya juga telah berkordinasi dengan kelurahan pancor. Yang jelas secara umum masyarakat bergembira, dengan harapan mereka datang dengan bahagia.

"Kita akan jamu dengan ramah, dan kita jaga keamanan dan kententraman selama kegiatan hultah," tutupnya. (**)

Tags

Post a Comment