Nusra Post
Rabu, 22 Juni 2022, Juni 22, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-22T15:50:36Z
News

Sebagai Tuan Rumah, Lombok Timur Siap Menggelar MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi NTB

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM Juaini Taofik M.Ap yang sekaligus Ketua Panitia MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat




LOMBOK TIMUR Nusrapost.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menyatakan kesiapannya, untuk menggelar acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-XXIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai perlengkapan yang terus di kerjakan, baik lokasi acara, tempat penginapan peserta dan transportasinya.




Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM Juaini Taofik M.Ap yang sekaligus Ketua Panitia MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat ditemui, Rabu (22/6/2022) menyebutkan, MTQ ini akan digelar dari tanggal 29 Juni - 6 Juli 2022 dipusatkan di lapangan umum Gotong Royong Masbagik. 



"Untuk menyambutnya, Kemungkinan hari Senin kami sudah mulai memasang spanduk dibeberapa titik," ucapnya.



Sebelum pelaksanaanya, Kata Sekda, sebagai rangkaian pembuka pada tanggal 28 Juni 2022 akan diadakan pawai ta'arruf yang diikuti oleh kontengen dari 10 Kabupaten Kota, satuan pendidikan setingkat SMP/SMA, serta beberapa OPD yang startnya dari terminal Pancor dan Finis di Pendopo Bupati.




"Untuk acara malamnya akan diadakan juga malam ta'arruf yang akan diadakan dikantor Bupati, diikuti oleh semua Kafilah, yang kalau ditotalkan semua daru kafilah, official, dan dewan Hakamnya sebanyak 900 orang,"terangnya.




Dalam pagelaran nantinya, pihaknya telah menyiapkan beberapa tempat seperti di lapangan umum Masbagik, Masjid Jami' Al Akbar Masbagik, Masjid Attaqwa Pancor, Masjid Al Mujahiddin Selong, Gedung Wanita, Masjid Dasan Lekong, BLK internasional.



Mengenai kesipan Armada Transportasi yang nantinya akan mengangkut rombongan Kafilah dan pendampingnya, Sekda mengaku telah menyiapkan, semua kendaraan Dinas (Randis), yang nantinya akan diakomodir oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan Sistem pembagian tugas.



"Misalkan Kafilah yang dari Kabupten Sumbawa nanti akan dihendel oleh tiga OPD, yakni Dikbud, Dispar, dan Dispora, dan untuk tanggung jawab transportasi kami serahkan kepada masing-masing Kepala OPD,"jelasnya.




Lanjut dikatakan Sekda, sesuai dengan harapan Bupati Lombok Timur selaku penanggung jawab kegiatan ini, Ia menginginkan pelaksanaan MTQ berdampak besar bagi generasi muda dan dapat lebih mencintai Alqur'an, dengan terus menambah semangat mereka untuk belajar Al Qur'an. Selain itu diharapkan pula acara tersebut memberikan dampak Positif bagi para pelaku UMKM di Lombok Timur umumnya dan Masbagik khususnya.



"Secara umum bupati harapkan penyelenggaraan MTQ ini bisa sukses, walaupun ditengah keterbatasan namun bisa dilaksanakan dengan optimal, dan yang tak kalah pentingnya, semoga di MTQ ini Lotim bisa meraih juara satu,"Jelasnya.




Dari itu Pria yang akrab di sapa Kak Ofik itu menghimbau agar masyarakat terus berperan dalam mensukseskannya dengan mengikuti rangkaian kegiatannya. Terlebih bagi para pimpinan LPTQ di Masing-masing Desa dan Kecamatan agar mengkordinir generasi milenial, menonton dan menyimak penampilan setiap peserta MTQ, dan bisa mengambil pelajaran dari hal ini.



"Nanti yang Qori' kita harapkan masuk ke arena Qori', yang Tahfiz masuk ke arena tahfiz supaya anak-anak kita bisa belajar dari sana," tutupnya. (*)