Dalam Waktu Dekat Dukcapil Lotim Akan Berlakukan E-KTP Digital 

Dalam Waktu Dekat Dukcapil Lotim Akan Berlakukan E-KTP Digital 





Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Timur Ir. Sateriadi. MT 


LOMBOK TIMUR Nusrapost.com -- Pemerintah terus berupaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Ini terbukti dari banyaknya terobosan yang tengah digagas. Seperti halnya yang dilakukan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Timur. Dimana dalam waktu dekat akan memberlakukan Elektronik - Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) digital. 



"Untuk terobosan penerapannya masih belum diketahui sebab merupakan kewenangan pemerintah pusat,"Kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Timur Ir. Sateriadi. MT saat ditemui diruangannya Kamis (10/3/2022).




Dalam penerapan E-KTP digital jelas Sateriadi, identitas masyarakat sudah tidak lagi memakai Blangko tetapi bisa dicetakkan pada kertas biasa saja. Dan bagi masyarakat yang gaptek, tidak memiliki smartphone bisa di cetakkan seperti biasa menggunkan keras sebab setiap identitas elektronik warga negara memiliki QR Code. 




Pemberlakuan e-KTP digital kedepannya, karena tidak terlepas dari pertimbangan Dirjen Dukcapil kemendagri dalam meminimalisir anggaran negara terutama pada pengadaan blangko dan tinta.




"Khusus Lombok Timur saja. anggaran untuk tinta dan blangko, kalau di hitung akan menghabiskan anggaran sekitar 3 miliyar. 1,5 Miliyar harga blangkonya, dan 1,5 Miliyar harga tintanya, Oleh karena itulah di inovasikan untuk menggunakan identitas digital,"jelasnya (np).




Tags

Post a Comment