Polresta Mataram Lakukan Pengamanan Upacara Melasti Umat Hindu

Polresta Mataram Lakukan Pengamanan Upacara Melasti Umat Hindu



MATARAM Nusrapost.com -- Untuk mengantispasi agar tidak terjadi gangguan kamtibmas dalam melaksanakan upacara melasti bagi umat Hindu, Polresta Mataram dan jajaran Polsek Ampenan melakukan pengamanan pada kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Pantai Loang Baloq Kecamatan Ampenan. Minggu (27/02/2022).


Menurut kepercayaan Ummat Hindu, upacara Melasti adalah upacara pensucian diri, menghanyutkan kotoran alam,mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dengan membuangnya kelaut dalam menyambut hari raya Nyepi.

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Ampenan Kompol Ricky Yuhanda SE SIK mengatakan bahwa dalam perayaan upacara Melasti kali ini pihaknya, melibatkan personel gabungan Polresta Mataram dan Polsek Ampenan sebanyak 36 personel dengan pengamanan tertutup dan terbuka

Selain pengamanan, juga dilaksanakan pengaturan lalulintas di jalan raya karena peserta dari beberapa perwakilan Kecamatan dan Banjar Umat Hindu, sebagai bentuk Pelayanan Kepolisian dalam hal ini diharapkan masyarakat yang melaksanakan upacara melasti merasakan kenyamanan dan keamanan terjamin disepanjang pantai Loang Baloq.

Kapolsek juga memberikan himbauan protokol kesehatan covid-19 dengan tetap memakai masker, menjaga jarak aman serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.


” Warga yang mengikuti prosesi upacara melasti tersebut agar selalu mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, sehingga tidak menimbulkan cluster baru , selanjutnya kegiatan berjalan dengan aman " tutup Kapolsek. (np)

Tags

Post a Comment