Makam Kyai Hamzanwadi Di Resmikan Jadi Lokasi Wisata Religi.

Makam Kyai Hamzanwadi Di Resmikan Jadi Lokasi Wisata Religi.

Photo bersama Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmi bersama pengurus Yayasan Hamzanwadi, Kepala Dinas Pariwisata, Kadis Sosial, dan Unsur TNI.

LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy meresmikan program wisata religi Makam Pahlawan Nasional Hamzanwadi. Kegiatan itu berlangsung di Aula Birul Walidain Universitas Hamzanwadi  Pancor Kamis (28/01).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Civitas Akademika Unham, Dewan Pendidikan Lombok Timur, serta perwakilan OPD, TNI dan Polri. Bersama Pimpinan Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, Orang nomer satu di Bumi Patuh Karya itu, menabuh gendang beleq sebagai tanda diresmikannya program wisata religi Makam Pahlawan Nasional Hamzanwadi.

Dalam pidatonya, Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmi mengenang kembali ikatan emosional yang pernah terjalin antara dirinya dengan Maulana Syaikh semasa hidup. Sehingga dalam kesempatan itu Ia mengungkapkan, karomah Maulana Syaikh-lah yang membawanya pada titik dimana berdiri saat ini.

“Tempat ini adalah tempat yang berkah, mengandung sejarah perjuangan beliau”, ungkapnya.

Karenanya lanjut Sukiman, menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus untuk menjaga, memelihara, melestarikan, dan meningatkan peranannya bagi masyarakat. Dan Ia memberikan apresiasi pada segenap pengurus Unham dengan gagasannya yang menginisiasi Wisata Religi Makam Almaghfurlah TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

"Saya mengapresiasi segenap pengurus Unham dengan gagasan Desa wisata religi terkait makam Almaghfurlah TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid,"katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, H.M. Jamaluddin menyampaikan, sejumlah hal yang menjadi fokus pengembangan wisata religi ini, diantaranya berupa kenyamanan pengunjung, ketertiban, ketersediaan booklet dan guide dalam beberapa bahasa agar memberikan nilai tambah yang lebih besar.

"Desa wisata religi ini nantinya tidak hanya bernilai religi semata akan tetapi juga menghadirkan unsur edukasi, dan tentunya diharapkan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya,"Jelasnya.

Dari itu, Ia berharap pada Pemerintah daerah dan seluruh pihak agar dapat berkontribusi menjadikan wisata religi makam Almaghfurlah ini menjadi tempat yang membanggakan bagi semua (np).

Tags

Post a Comment