MAN 1 Lotim Wakili NTB Dalam Lomba MRC Nasional.

MAN 1 Lotim Wakili NTB Dalam Lomba MRC Nasional.

Inilah wakil MAN 1 Lotim dalam Kompetisi MRC 2020

LOMBOK TIMUR Nusrapost - Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim ) mewakili Nusa Tenggara Barat dalam Lomba Madrasah Robotic Competitions (MRC) 2020. Dalam kompetisi itu, siswa-siswi madrasah  dengan segudang prestasi itu mengikuti tiga dari 7 kategori yang diombakan yakni, kategori robot underwater, robot maze solving, dan internet of thinks.

Lomba MRC 2020 merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat madrasah se-Indonesia yang diselenggarakan secara virtual oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) di bawah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada bulan November sampai Desember 2020.

Dalam lomba MRC itu peserta dituntut untuk memberikan penjelasan mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan sampai menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang sehingga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

"Untuk kategori robot underwater. Kami mampu meloloskan 2 tim yang terdiri tim A yang diwakili Husnul Huda Galih Saputra kelas XII MIIA 3 dan M. Rusli Ar Rasyid kelas XII MIIA 2. Sedangkan tim B diwakili Baiq Ulaya Fitriani kelas XI MIIA 1 dan M. Dinner Haqqi Saefi kelas XI Agama dengan karya underwater yakni robot pemindah barang dalam air yakni disimulasikan dengan memindahkan kelereng dalam air," Kata M. Nurul Wathoni Kepala Madrasah Aliah Negeri 1 Lombok Timur Wahtoni, Kamis (10/12).

Untuk kategori robot maze solving lanjutnya, pihaknya dibagi menjadi dua tim diantaranya, Tim A terdiri yang diwakili Hery kurniawan kelas XI MIIA 1 dan Faris Sayyid Alghazali kelas XI IIS 1 dan tim B diwakili Surya Herdianto Utomo kelas XII MIIA 1 dan M. Juliadin Putra Nugraha kelas X MIIA 1 sedangkan yang mampu lolos ke tingkat nasional adalah tim B.

Karyanya Robot Maze Solving itu, merupakan sebuah robot yang bekerja untuk menyelesaikan masalah dengan menentukan waktu tercepat dalam mencapai tujuan atau finish.

Disebutkan Kepala Madrasah yang telah banyak menyumbangkan prestasi bagi sekolah tersebut, Bahwa dalam hal tersebut,siswanya telah mengikuti 3 kali lomba dengan tetap meraih juara. Dan dari 3 kali lomba lomba itu, pihaknya meraih 2 kali juara pada ajang robotik madrasah tingkat nasional sebelumnya.

"Jadi selama 3 tahun ada lomba robitik madrasah, MAN 1 lotim tiap tahun lolos wakili NTB. Sekarang masuk tahun ke 4 ikuti lomba juga mewakili NTB," ujarnya.

Wathoni menegaskan, saat ini siswanua sedang melakukan persiapan dan pemantapan di bawah bimbingan para ahli dibidangnya yakni Habib Averousd, S.Kom dan Rasyid Hardi, M.Pd. Keduanya yang telah membimbing siswa MAN 1 Lotim dalam hal robotik.

Wathoni juga menambahkan, Final lomba ini akan berlangsung pada 14 sd 17 Desember 2020 dan 6  tim terbaik akan presentasi ke Jakarta awal januari 2021 dan semoga lomba kali ini juga MAN 1 Lotim meraih juara.

Di tempat terpisah Kepala Kemenag Lombok Timur H Sirojuddin, MM memberikan apresiasi pada siswa-siswi MAN 1 Lotim yang prestasi pada ajang MRC 2020 sebab lomba tersebut begitu bergensi karena merupakan salah satu lomba robotik yang memang termasuk pada jenis lomba yang membutuhkan penguasaan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

"Dari 32 Tim terbaik yang dinyatakan lolos semifinal terdapat tim MAN 1 Lotim. Semoga tim ini nantinya bisa meraih hasil terbaik," harapnya. (np)

Tags

Post a Comment