Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah Di Desa Batu Nampar Selatan

Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah Di Desa Batu Nampar Selatan


LOMBOK TIMUR - Hujan lebat disertai angin kencang sejak pukul 13.00 wita yang terjadi di wilayah Lombok Timur mengakibatkan puluhan rumah warga di Desa Batu Nampar Selatan Kecamatan Jerowaru mengalami kerusakan. Minggu (29/11).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Iwan Setiawan mengatakan, puluhan rumah rusak tersebut diketahuinya sekitar pukul 16.00 Wita,
setelah informasi diterima oleh tim piket TRC-PB BPBD Lombok Timur, bahwa telah terjadi angin puting beliung.

"Asesment di lapangan menunjukan bahwa kerusakan disebabkan angin kencang dan sampai saat ini, tim kami masih berada di lokasi,"Katanya 

Dampak yang ditimbulkan dari kejadian tersebut yakni rumah rusak ringan sekitar 44 unit dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, sehingga kini pihaknya masih berupaya melakukan penanganan dengan mengecek lokasi, membersihan material pohon tumbang dan atap rumah warga.  

Selain itu, pihaknya juga langsung berkoordinasi, bersinergi dengan TNI, Polri, Tagana Dinsos, Sibat PMI, kadus, dan warga sekitar. 

Melihat potensi bencana hidrometrologi akibat fenomena La Nina yang masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan Iwan menghimbau semua pihak harus tetap waspada terhadap ancaman lain yang memungkinkan terjadi seperti bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainnya berupa sambaran petir dan pohon tumbang.

"Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah perbaikan atap rumah warga,"Tutupnya (np) 

Tags

Post a Comment