Calon Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Lombok Timur Capai 14 Ribu Lebih.

Calon Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Lombok Timur Capai 14 Ribu Lebih.

Akbar Ismail Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Selong Lombok Timur

Lombok Timur Nusrapost.com -- Dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah pusat terus berupaya memberikan bantuan pada rakyatnya. Kali ini bantuan tersebut akan digelontorkan kementerian ketenagakerjaan berupa bantuan sosial upah (BSU). Dimana rekomendasi dari bantuan itu melalui BPJS Ketenagakerjaan di setiap daerah, termasuk untuk Kabupaten Lombok Timur.

Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Selong Lombok Timur Akbar Ismail menerangkan, dari 15 ribu lebih data awal yang diajukannya ke kementerian. Setelah diverifikasi calon penerima yang lolos di Lombok Timur sendiri hanya 14.451 dan yang tidak lolos verifikasi sekitar 800-an orang.

"Jadi untuk calon penerima ini jumlahnya sekitar 14.451 orang baik dari unsur Swasta, BUMN, BUMD dan pegawai honorer,"Jelasnya Rabu (14/9).

Dan dari data yang telah diajukan itu,lanjutnya, telah dicairkan tahap pertama sekitar 4.401 orang dan tersisa sekitar 10 ribuan lebih calon penerima yang oleh kementerian sendiri disinyalir datanya masih belum lengkap. Adapun untuk pencairan tahap kedua nantinya rencananya akan dicairkan pada minggu ini, dengan jumlah yang diterima sebesar 600 ribu untuk sekali menerima.

"Kalau bantuan subsidi BBM itukan 150 ribu perbulan dan di transfernya per dua bulan sekali. Tapi kalau BSU ini sekaligus dikasi 600 ribu. Hanya sekali diterima,"katanya.

Namun dengan kondisi itu, Ia masih belum berani memastikan apakah akan diberikan lagi nanti mengingat kebijakan yang selalu berubah dari pemerintah pusat. Siapa tahu bulan depan ada kebijakan baru dari pemerintah.

"Tapi yang kita pastikan saat ini hanya ini yang diterima,"katanya.

Ketentuan penerimanya sendiri adalah yang  terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karenanya, dipastikan bagi yang tidak terdaftar tidak bisa mendapatkannya.

Syarat penerimanya pertama Ia warga Negara Indonesia, peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan periode Juli dengan upah dibawah 3.5 juta.

"Dalam penyalurannya akan di terima langsung lewat rekening masing-masing,"imbuhnya (np)

Tags

Post a Comment