Camat Montong Gading Harap Posyandu Keluarga Bisa Berkembang Di Wilayahnya.

Camat Montong Gading Harap Posyandu Keluarga Bisa Berkembang Di Wilayahnya.

Camat Montong Gading Bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas PMD Lotim sesaat setelah pemotongan Vita Tanda Launching Program Posyandu Keluarga.

LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com - Pemerintah Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading melakukan launching program Posyandu Keluarga. Kegiatan itu berlangsung di Posyandu Keluarga Melati Dusun Solong Daye Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading Lombok Timur Rabu (10/2).

Camat Montong Gading Mursidi Yamin SH menyebutkan, Kegiatan ini memiliki peran yang begitu positif, karena bisa memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat dan kedepan semoga mampu merangkul semua lini di masyarakat. Sehingga dengan keberadaan Posyandu keluarga ini dapat memberikan pencegahan terhadap kematian ibu dan anak.

"Mudah-mudah Posyandu Keluarga ini bukan hanya disini tapi bisa berkembang di tempat yang lainnnya,"Sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Pesanggrahan H. Badrun dalam sambutannya mengatakan, dengan dilounchingnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang dilakukan saat ini, bukan  hanya menjadi pekerjaan para medis semata namun harus menjadi tugas semua masyarakat.

"Posyandu yang selama ini terlihat hanya dominan mengutamakan, kesehatan ibu dan anak tetapi sebenarnya Posyandu ini merupakan pelayan semua sektor yang ada di desa,"Sebutnya.

Dari itu Ia berharap agar Posyandu yang kini tengah dilounching bisa memberikan pelayanan terhadap semua kondisi sosial masyarakat dibawah sebab sesuai dengan namanya posyandu ini memiliki peran penting dalam membantu pemerintah dalam upaya mengentaskan setiap sektor sosial masyarakat.

"Kami berharap ini menjadi langkah awal untuk mengakomodir dan menjadi garda terdepan di masyarakat,"tutupnya.

Kabid pemberdayaan Perempuan dan Anak Husniati dalam sambutannya, mengapresiasi tindakan yang dilakukan  oleh pemerintah Desa Pesanggrahan yang  melounching kegiatan Posyandu keluarga. Sebab dengan adanya kegiatan ini pelayanan masyarakat dinilianya akan lebih optimal, sehingga kini pihaknya tengah melakukan repitalisasi dalam penganggaran ditataran Desa. Hal tersebut diharapkan dapat menyisir semua kalangan agar dapat menekan dan membasmi angka stunting di Kabupaten Lombok Timur.

"Secara kelembagaan kami akan siap membantu,"Sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur melalui Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Nurhidayati SST Mph menyampaikan, Posyandu Keluarga merupakan program andalan yang dicanangkan pemerintah guna mengentaskan setiap permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.
Dimana dalam kegiatan posyandu ini, menyusur semua lini baik dari sisi imunisiasi anak balita, perhatian terhadap remaja, masyarakat lanjut usia (lansia) serta sebagai upaya dalam penguatan ketahanan pangan dan bisa menekan angka kematian ibu dan bayi

Untuk diketahui lanjut Nurhidayati, di kabupaten Lombok Timur sendiri memiliki jumlah Posyandu keluarga sekitar 308 tempat atau sekitar 16% dari jumlah semua Posyandu yang ada di masing-masing dusun dan desa. Akan tetapi karena kondisi covid-19, di akhir tahun 2021 pemerintah berencana akan mengkualifikasikan semua posyandu konvensional menjadi Posyandu keluarga.

"Harapan kami setelah dilaunching, bisa diikuti di tempat lain,"sebutnya (np)

Tags

Post a Comment